Alternative flash content

Requirements

Get Adobe Flash player

Lighting fotografi

 

Lighting dalam fotografi merupakan salah satu elemen yang terpenting. Dengan penempatan sumber cahaya yang tepat kita dapat membangkitkan rasa, suasana, dan detail pada obyek sehingga mampu membuat sebuah karya foto menjadi istimewa.

 

Berikut ada tips sederhana tentang lighting fotografi yang dapat memaksimalkan karya foto anda :

1 . Kontras.

Apapun sumber cahayanya, baik itu matahari, lampu studio ataupun cahaya pantulan, usahakan agar cahaya utama lebih kuat daripada cahaya pengisi agar tercipta efek tiga dimensi pada obyek.

2 . Arah cahaya.

Cahaya dari samping atau sidelighting adalah cara yang paling efektif untuk mengangkat tekstur dan menciptakan variasi yang dinamis antara sisi terang dan sisi gelap dari obyek. Cahaya samping dapat memberi efek dimensi serta kedalaman pada obyek foto anda.

3 . Sudut pandang atau angle.

Ada 2 hal yang harus kita perhatikan dalam pencahayaan :

 

  1. posisi datangnya cahaya ke obyek
  2. posisi obyek terhadap kamera

 

Posisi datangnya cahaya dan sudut pandang kamera akan memberi 'rasa' pada sebuah foto. Jangan takut untuk bereksperimen.

4 . Tiga dimensi.

Sebuah karya foto yang berhasil adalah yang bisa mengajak pemirsanya untuk merasakan tekstur, bentuk dan rasa dari sebuah obyek. Semua ini bisa dicapai jika kita menguasai trik pencahayaan.

Dengan terus mengasah kepekaan kita terhadap pencahayaan, mudah-mudahan kita dapat memaksimalkan penerapannya dalam berkarya.

Semoga membantu.

by Andreas Eko Widiarto

 

Sumber : http://www.artphotomania.com/

 

000135950
Hari iniHari ini500
KemarinKemarin364
Minggu iniMinggu ini4057
Bulan iniBulan ini17252
TotalTotal135950